Senin, 18 November 2019

CRIPS

BLUE CRIPS
Stanley Tookie Williams bertemu Raymond Lee Washington pada tahun 1969 , dan keduanya memutuskan untuk menyatukan anggota geng lokal MEREKA dari barat dan sisi timur dari South Central Los Angeles untuk pertempuran geng jalanan tetangga . Sebagian besar anggota yang berusia 17 tahun .aktivitas Geng di South Central Los Angeles berakar pada berbagai faktor sebelumnya kembali ke tahun 1950-an dan 60-an , termasuk penurunan ekonomi pasca-Perang Dunia II dan pengangguran yang mengarah ke kemiskinan , segregasi rasial yang mengarah pada pembentukan hitam " klub jalanan " oleh orang-orang Amerika Afrika muda yang dikeluarkan dari organisasi seperti Pramuka , dan memudarnya organisasi nasionalis kulit hitam seperti Black Panther Party dan Gerakan Black Power yang
etimologi

Nama asli untuk aliansi itu " Cribs ", sebuah nama dipersempit dari daftar banyak pilihan , dan dipilih dengan suara bulat dari tiga pilihan akhir , adalah prioritas termasuk Overlords Black, dan Assassins . Cribs dipilih untuk mencerminkan usia muda dari mayoritas anggota geng . Nama " Cribs " berkembang menjadi nama " Crips " Ketika anggota geng mulai membawa-bawa tongkat untuk menampilkan status " germo "(PIMP) MEREKA . Orang-orang di lingkungan itu kemudian mulai memanggil mereka lumpuh , atau " Crips " singkatnya .Sebuah artikel Los Angeles Sentinel pada Februari 1972 Yang dimaksud dengan beberapa anggota sebagai " Crips " ( untuk orang cacat ) .Nama tidak punya politik , organisasi , samar , atau acronymic makna , meskipun beberapa telah menyarankan itu singkatan dari Revolusi umum In Progress , backronym . Williams, dalam Memoir -Nya , lanjut membantah klaim bahwa kelompok itu spin - off dari Black Panther Party atau dibentuk untuk agenda masyarakat , nama " menggambarkan sebuah aliansi berperang melawan geng jalanan - tidak lebih , tidak kurang .
Washington , yang menghadiri Sekolah Tinggi Fremont , adalah pemimpin East Side Crips , dan Williams , yang menghadiri SMA Washington, memimpin West Side Crips .
Menunjukkan sinyal geng Crip .

Williams ingat bahwa syal biru ini pertama kali dipakai oleh anggota pendiri Crips Buddha , sebagai bagian dari pakaian -Nya dikoordinasikan warna biru Levi , kemeja biru , dan suspender biru tua . Sebuah syal biru dipakai dalam penghormatan kepada Buddha setelah ia ditembak dan dibunuh pada tanggal 23 Februari 1973, adalah prioritas akhirnya menjadi warna biru terkait dengan Crips .
Rantai Komando

Awalnya pemimpin Crips tidak menempati posisi kepemimpinan , tetapi diakui sebagai pemimpin karena karisma pribadi MEREKA dan Pengaruh . Para pemimpin ini memberikan prioritas untuk Memperluas keanggotaan geng untuk Meningkatkan kekuatannya . Pada tahun 1978 , ada 45 geng Crips , disebut set , yang beroperasi di Los Angeles . Geng menjadi semakin keras ketika mereka mencoba untuk memperluas wilayah MEREKA .

pendanaan pada awal 1980-an geng sangat terlibat dengan perdagangan narkoba .beberapa Crips set ini mulai Memproduksi dan mendistribusikan PCP ( phencyclidine ) dalam kota . Mereka juga mulai mendistribusikan ganja dan amphetamine di Los Angeles . Pada awal 1980-an Crips set mulai Mendistribusikan kokain di Los Angeles . keuntungan besar yang dihasilkan dari distribusi kokain menyebabkan banyak anggota Crips berniat untuk mendirikan pasar baru di kota-kota dan negara-negara lain . Selain itu, banyak pemuda di negara-negara lain mengadopsi nama Crips dan gaya hidup . Sebagai hasil dari kedua faktor ini , keanggotaan Crips meningkat sepanjang tahun 1980 , menjadikannya salah satu terbesar asosiasi geng jalanan di negeri ini . Pada tahun 1999 , ada sedikitnya 600 Crips set dengan lebih dari 30.000 anggota mengangkut obat di Amerika Serikat .

BLOODS

The Blood adalah jalan gang didirikan di Los Angeles, California. geng ini secara luas dikenal karena persaingan perusahaan dengan Crips. Mereka diidentifikasi dengan warna merah dikenakan oleh anggota mereka dan dengan khusus geng simbol, Termasuk tanda tangan yang khas. Para Blood terdiri dari berbagai sub-kelompok yang dikenal sebagai "set" antara yang perbedaan yang signifikan seperti warna, pakaian, dan operasi, dan ide-ide politik yang mungkin dalam konflik terbuka satu sama lain. Sejak penciptaan mereka, geng Blood telah bercabang di seluruh Amerika Serikat,Bandung,jakarta,wonosobo.[3]
Blood telah didokumentasikan di militer AS, ditemukan di kedua pangkalan AS dan luar negeri.[4]

                                        BLOOD GANG
  

Geng Blood dibentuk awalnya untuk bersaing dengan pengaruh Crips di Los Angeles. Asal Blood dan persaingan mereka dengan Crips tanggal hingga 1970-an, di mana Pirus geng jalanan, awalnya satu set, atau golongan, dari Crips,[5]berhenti selama perang geng internal, dan bersekutu dengan kelompok-kelompok kecil lain untuk menemukan geng yang akhirnya akan menjadi dikenal sebagai Blood. Pada saat itu, set Crips kalah jumlah set Blood oleh tiga untuk satu. Untuk menegaskan kekuatan mereka meskipun perbedaan dalam jumlah, set Blood menjadi semakin kekerasan, terutama terhadap anggota Crips saingan.[1] Para Pirus Oleh karena itu dianggap sebagai pendiri asli dari Blood. Selama munculnya crack kokain, Fokus geng dialihkan ke produksi obat. set Blood beroperasi secara independen satu sama lain, dan saat ini berada di hampir semua Negara. Blood set di Pantai Timur sering dilihat sebagai berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa Blood, Sebuah geng yang berasal dari Pulau Rikers.SEJARAH

Amerika Blood Nation, cukup disebut Blood, terbentuk pada tahun 1993, dalam sistem penjara New York City pada Rikers Island GMDC (George Mochen Pusat Penahanan), kadang-kadang disebut C 73. GMDC digunakan untuk memisahkan narapidana masalah dari sisa pusat penahanan. Sebelum periode ini, para Latin Kings adalah geng yang paling umum dan terorganisasi dalam sistem penjara NYC. The Latin Kings, Dengan sebagian besar Hispanik anggota, yang menargetkan tahanan Amerika keturunan Afrika dengan kekerasan. Ini narapidana Afrika Amerika, yang diselenggarakan oleh beberapa narapidana lebih kekerasan dan karismatik, membentuk sebuah kelompok perlindungan yang mereka sebut Perserikatan Bangsa Blood. Blood ini United Nation, yang sebenarnya sebuah geng penjara, adalah meniru geng jalanan Blood di Los Angeles, California. Beberapa pemimpin geng ini penjara buat dibentuk delapan set asli Blood untuk merekrut di lingkungan mereka di New York City.[6]
Pada tahun 1996, ribuan anggota geng jalanan Blood yang mengukuhkan diri mereka sebagai kekuatan yang tangguh di antara geng dan terus drive mantap untuk perekrutan. Pada saat ini, Blood lebih keras dari geng lain tapi lebih sedikit terorganisir. Banyak slashings (silet atau serangan pisau) yang dilaporkan selama perampokan dan ditemukan untuk menjadi inisiasi ke dalam Blood. Blood dalam ritual ini menjadi trademark untuk Blood. Blood direkrut di seluruh Pantai Timur.[6]

KEANGGOTAAN

Blood mengacu pada asosiasi longgar terstruktur geng jalanan yang lebih kecil, yang dikenal sebagai "set", yang telah mengadopsi budaya geng umum. Setiap set memiliki pemimpin sendiri dan umumnya beroperasi secara independen dari yang lain.
Kebanyakan anggota pria Blood African American, meskipun beberapa set telah merekrut anggota wanita sebagai anggota dari ras lain dan latar belakang etnis. Anggota rentang usia remaja awal sampai pertengahan dua puluhan, namun beberapa posisi kepemimpinan terus ke dua puluhan akhir mereka dan kadang-kadang tiga puluhan.
Tidak ada pemimpin nasional yang dikenal dari Blood tetapi individu Blood set memiliki struktur kepemimpinan hirarki dengan tingkat keanggotaan yang dapat diidentifikasi. Tingkat keanggotaan menunjukkan status dalam geng. Seorang pemimpin, biasanya anggota yang lebih tua dengan latar belakang kriminal lebih luas, berjalan setiap set. Seorang pemimpin set tidak dipilih melainkan menegaskan dirinya dengan mengembangkan dan mengelola usaha kriminal geng melalui reputasinya untuk kekerasan dan kekejaman dan melalui karisma pribadinya. Mayoritas anggota set disebut "Tentara," yang biasanya antara usia 16 dan 22. Tentara memiliki rasa yang kuat dari komitmen untuk mengatur mereka dan sangat berbahaya karena keinginan mereka untuk menggunakan kekerasan baik untuk mendapatkan rasa hormat dari anggota geng dan untuk menanggapi setiap orang yang "tidak menghormati" set. "Associates" tidak anggota penuh, tetapi mereka mengidentifikasi dengan geng dan mengambil bagian dalam berbagai kegiatan kriminal. Sejauh bahwa perempuan milik geng, mereka biasanya anggota asosiasi dan cenderung digunakan oleh rekan-rekan pria mereka untuk membawa senjata, obat-obatan terus, atau pelacur sendiri untuk membuat uang untuk mengatur mereka.
Rekrutmen sering dipengaruhi oleh lingkungan yang recruitee's. Blood merekrut banyak kalangan kaum muda usia sekolah di sebagian besar masyarakat miskin African American. keanggotaan pemuda Gang menawarkan rasa memiliki dan perlindungan. Ia juga menawarkan kepuasan segera untuk pemuda yang kurang beruntung secara ekonomi yang melihat perangkap kehidupan geng: perhiasan emas, uang tunai, pakaian olahraga mahal.[1]
set Blood memiliki struktur yang longgar peringkat berdasarkan berapa lama seseorang telah terlibat dengan set tertentu.[Rujukan?]
Barisan tidak berarti kepemimpinan atau dominasi atas mengatur, mereka hanya menunjukkan rasa hormat mereka yang telah di set lebih lama dan telah selamat dari terpanjang.[Rujukan?] Mereka yang memiliki peringkat yang lebih tinggi tidak memiliki posisi otoritas atas Blood dari peringkat yang lebih rendah.[Rujukan?] Blood dengan peringkat yang lebih tinggi sering disebut sebagai "homies Big" oleh Blood dengan pangkat rendah. Mereka juga merujuk kepada satu sama lain sebagai "kerabat".[Rujukan?] Setelah seseorang telah bergabung satu set Blood, itu untuk hidup, orang tidak bisa meninggalkan mengatur atau flip (switch) untuk mengatur lain.[Rujukan?]
anggota Blood umumnya menyebut diri mereka sebagai cks (sebuah initialism dari Crip-KIller), massa (suatu initialism dari Mbara oBloods), dawgs, atau Ballers (artinya pengedar narkoba).[7]

IDENTIFIKASI


Simbol Gang dariBlood, sebagai tanda yang membaca kata "Blood

Yang paling umum digunakan Blood simbol termasuk nomor "5," bintang lima menunjuk, dan mahkota lima menunjuk. Simbol ini dimaksudkan untuk menunjukkan afiliasi Blood 'dengan Bangsa Rakyat, sebuah koalisi besar afiliasi diciptakan untuk melindungi anggota aliansi dalam sistem penjara federal dan negara. Simbol-simbol ini dapat dilihat pada tato, perhiasan, dan pakaian yang anggota geng aus serta dalam grafiti geng, yang digunakan oleh Blood untuk menandai wilayah mereka. grafiti seperti ini dapat meliputi nama geng, nama panggilan, deklarasi kesetiaan, ancaman terhadap geng saingan, atau deskripsi tindak pidana di mana geng telah terlibat. Blood grafiti juga dapat mencakup kata "Piru" yang merujuk pada kenyataan bahwa pertama yang diketahui Blood geng dibentuk oleh individu-individu dari Piru Street di Compton, California.anggota Blood mengidentifikasi diri melalui berbagai indikator geng seperti warna, pakaian, simbol, tato, perhiasan, grafiti, bahasa, dan tanda tangan. Warna geng Blood merah. Mereka suka memakai pakaian olahraga, termasuk tim jaket "Starter" yang menunjukkan warna geng mereka. Beberapa dari tim favorit mereka termasuk San Francisco Forty Niners, yang Phillies Philadelphia, dan Chicago Bulls. Mereka juga dikenal untuk mengenakan pakaian Dallas Cowboys, yang berisi logo bintang lima-runcing.
Akhirnya, grafiti Blood mungkin termasuk simbol geng rival (terutama yang dari Crips) yang ditarik terbalik. Hal ini dimaksudkan sebagai penghinaan kepada kelompok saingan dan simbol-simbolnya. anggota Blood juga memiliki slang yang unik. Darah saling menyapa menggunakan lain kata "Blood" dan sering menghindari penggunaan kata-kata dengan huruf "C" Akhirnya, tanda-tanda menggunakan tangan Blood untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. tanda tangan mungkin merupakan gerakan tunggal, seperti huruf American Sign Language "B," atau serangkaian gerakan menggunakan satu atau kedua tangan untuk frase yang lebih kompleks. Perserikatan Bangsa Darah (UBN) atau East Coast Darah inisiat sering menerima tanda anjing-kaki, diwakili oleh tiga titik sering dibakar dengan rokok, di bahu kanan. Lainnya UBN simbol termasuk bulldog dan banteng.[1]

REGGAE DAN RASTA

Reggae dan rasta
Di Indonesia, reggae hampir selalu diidentikkan dengan rasta. Padahal, reggae dan rasta sesungguhnya adalah dua hal yang berbeda. "Reggae adalah nama genre musik, sedangkan rasta atau singkatan dari rastafari adalah sebuah pilihan jalan hidup, way of life," ujar Ras Muhamad (23), pemusik reggae yang sudah 12 tahun menekuni dunia reggae di New York dan penganut ajaran filosofi rasta. Repotnya, di balik ingar-bingar dan kegembiraan yang dibawa reggae, ada stigma yang melekat pada para penggemar musik tersebut. Dan stigma tersebut turut melekat pada filosofi rasta itu sendiri. "Di sini, penggemar musik reggae, atau sering salah kaprah disebut rastafarian, diidentikkan dengan pengisap ganja dan bergaya hidup semaunya, tanpa tujuan," ungkap Ras yang bernama asli Muhamad Egar ini. Padahal, filosofi rasta sesungguhnya justru mengajarkan seseorang hidup bersih, tertib, dan memiliki prinsip serta tujuan hidup yang jelas. Penganut rasta yang sesungguhnya menolak minum alkohol, makan daging, dan bahkan mengisap rokok. "Para anggota The Wailers (band asli Bob Marley) tidak ada yang merokok. Merokok menyalahi ajaran rastafari," papar Ras.
Ras mengungkapkan, tidak semua penggemar reggae adalah penganut rasta, dan sebaliknya, tidak semua penganut rasta harus menyenangi lagu reggae. Reggae diidentikkan dengan rasta karena Bob Marley—pembawa genre musik tersebut ke dunia adalah seorang penganut rasta.
Ras menambahkan, salah satu bukti bahwa komunitas reggae di Indonesia sebagian besar belum memahami ajaran rastafari adalah tidak adanya pemahaman terhadap hal-hal mendasar dari filosofi itu. "Misalnya waktu saya tanya mereka tentang Marcus Garvey dan Haile Selassie, mereka tidak tahu. Padahal itu adalah dua tokoh utama dalam ajaran rastafari," ungkap pemuda yang menggelung rambut panjangnya dalam sorban ini.
Pemusik Tony Q Rastafara pun mengakui, meski ia menggunakan embel-embel nama Rastafara, tetapi dia bukan seorang penganut rasta. Tony mencoba memahami ajaran rastafari yang menurut dia bisa diperas menjadi satu hakikat filosofi, yakni cinta damai. "Yang saya ikuti cuma cinta damai itu," tutur Tony yang tidak mau menyentuh ganja itu.
Namun, meski tidak memahami dan menjalankan seluruh filosofi rastafari, para penggemar dan pelaku reggae di Indonesia mengaku mendapatkan sesuatu di balik musik yang mereka cintai itu. Biasanya, dimulai dari menyenangi musik reggae (dan lirik lagu-lagunya), para penggemar itu kemudian mulai tertarik mempelajari filosofi dan ajaran yang ada di baliknya.
Seperti diakui Hendry Moses Billy, gitaris grup Papa Rasta asal Yogya, yang mengaku musik reggae semakin menguatkan kebenciannya terhadap ketidakadilan dan penyalahgunaan wewenang. Setiap ditilang polisi, ia lebih memilih berdebat daripada "berdamai". "Masalahnya bukan pada uang, tetapi praktik seperti itu tidak adil," tandas Moses yang mengaku sering dibuntuti orang tak dikenal saat beli rokok tengah malam karena dikira mau beli ganja.
Sementara Steven mengaku dirinya menjadi lebih bijak dalam memandang hidup sejak menggeluti musik reggae. Musik reggae, terutama yang dipopulerkan Bob Marley, menurut Steven, mengajarkan perdamaian, keadilan, dan antikekerasan. "Jadi kami memberontak terhadap ketidakadilan, tetapi tidak antikemapanan. Kalau reggae tumbuh, maka di Indonesia tidak akan ada perang. Indonesia akan tersenyum dengan reggae," ujar Steven mantap.
Sila dan Joni dari Bali menegaskan, seorang rasta sejati tidak harus identik dengan penampilan ala Bob Marley. "Rasta sejati itu ada di dalam hati," tandas Sila sambil mengepalkan tangan kanan untuk menepuk dadanya.
Sumber : Kompas ( 9 Juli 2006 )

SKINHEAD A WAY OF LIFE

Buat kalian-kalian pencinta musik Ska,2-tone, dan Rocksteady  sampai dengan yang ngedengerin  musik Oi! Yang keras, udah ngga asing mungkin sama identitas sub culture Skinhead. Diantara kalian yang suka dengerin musik Bulldog Brigade, Rentenir, Under18, Don Lego, Skamigo,Innocenti, The Authentic Jakarta, sampe Shaggy Dog Jogjakarta. Arti dari Skinhead itu sendiri adalah kepala plontos, dimana sub-budaya ini berkembang dengan pesat di dataran Inggris tahun 1960an.Pertama kali kita harus belajar dari Kaum Mods,sebagai generasi awal sebelum lahirnya Skinhead
Dimana saat itu Kaum Mods yang sering mendengarkan musik RnB, Northern Soul, Stax and Motown Artist  memilih Vespa –Lambretta sebagai alat transportasi  dan juga setelan jas-jas jahitan ala mafia-mafia Italia dan Yahudi, lalu memilih akhir pekan sebagai bagian dari waktu mereka bersenang-senang karena setelah seminggu lalu mereka  bekerja. Sebuah budaya resapan dari kaum imigran yahudi dan Itali, yang kemudian dilebur dengan budaya Inggris itu sendiri kemudian menjadi budaya Mods
Gerakan ini merupakan semacam gaya atau style baru anak-anak muda pada masa itu dalam hal pola pemikiran, aktifitas, gaya berpakaian, dan musik. Gerakan ini lahir dari kalangan buruh atau pekerja di Inggris yang menginginkan eksistensi atas jati diri mereka dan komunitas yang sesuai dengan “kelas” mereka.
Para pemuda kelas pekerja memiliki kesamaan dengan gerakan Punk dimana mereka memilih  sifat anti-kemapanan yang lebih  condong kearah sikap mereka. Berbeda dengan Punk yang terkesan urakan, Mods dan Skinhead lebih memilih berdandan rapi namun tetap menunjukkan ciri khas karisma dari budaya awal mereka sendiri. Yang membedakannya mungkin prinsip hidup Skinhead yang menekankan pada kesatuan dan kebersamaan, artinya tidak pernah membedakan ras, bangsa atau kepercayaan anggotanya
Kebencian yang  terkesan melingkupi hidup dari Skinhead mungkin muncul dikarenakan Inggris dengan budaya Monarkinya melahirkan kelas-kelas sosial dimana bagi kaum Skinhead sendiri mereka berada di kelas yang paling bawah, yaitu kelas pekerja. Mereka bekerja sebagai buru-buruh pabrik atau pelabuhan di Ingrris Raya sana.Hal ini tentu berhubungan erat denga sejarah meledaknya revolusi di inggris, yang melahirkan banyak sekali buru-buruh kasar dan ditambah lagi negara yang pada saat itu pasca perang dunia banyak mengalami traum sosial di masyarakatanya terutama kelas pekerja.
FASHION
Gaya berpakaian kaum Skinhead cukup mudah dikenali orang awam sekalipun. Gaya berpakaian Skinhead merupakan perpaduan antara Rude Boys dan kaum modsRude Boys adalah sebutan untuk penggemar musik ska asal Jamaika yang berimigran ke Inggris. Karena itulah, pada perkembangannya pun musik Skinhead sangat terpengaruh oleh musik ska. Kedekatan antara Skinhead dan Rude Boys muncul ketika kaum Skinhead sering berkumpul di pub setelah seharian bekerja di pabrik untuk minum-minum dan disuguhi musik ska oleh para imigran tersebut.
Selain terpengaruh oleh Rude Boys, gaya berpakaian Skinhead juga dipengaruhi oleh kaum modsyang sebenarnya saat itu hanya digunakan oleh kalangan menengah ke atas, kaum pelajar dan pekerja kantoran. Namun, tetap disesuaikan oleh kaum Skinhead sendiri karena kebanyakan mereka adalah para pekerja pabrik, buruh kasar dan buruh pelabuhan dengan ekonomi menengah ke bawah.
Pengaruh mods sebenarnya juga cukup besar dalam proses terbentuknya gaya berpakaian kaum Skinhead. Pada tahun 1965,dalam dunia mods muncul istilah smooth mods yang terdiri dari kaum kelas menengah ke atas dan juga dengan gaya berpakaian yang lebih bergaya dan sangat mahal. Di lain sisi muncul istilah hard mods yang terdiri dari para pekerja buruh yang gaya berpakaiannya disesuaikan dengan keadaan ekonomi mereka, dan bahkan menciptakan model pakaian baru. Dari istilah hard mods inilah awal mulanya muncul Skinhead, sering dikenal dengan sebutan Traditional Mods (trad) atauTrojan Skinhead. Tidak ketinggalan Parka dengan lambang target Royal Air Force Militer Udara Inggris yang merupakan identitas dari kaumMods awal tahun 1960an yang digunakan untuk melindungi baju dan jas setelan mereka yang mahal dari kotoran dan hujan yang sering turun di inggris. Statement fashion yang segala sesuatunya beralasan tidak hanya asal pakai. Jaket Harrington dengan motif Tartan di dalamnya pun tak ketinggalan menjadi ciri khas dari gerakan bawah tanah ini.
Potongan rambut kaum Skinhead yang sangat pendek dan mendekati botak dipilih karena alasan kepraktisan karena pada saat itu kebanyakan lapangan pekerjaan yang tersedia tidak memperbolehkan berambut panjang atau gondrong. Menurut beberapa sumber lain, mereka memotong rambut mereka menjadi pendek bahkan sampai botak untuk menghindari kutu yang banyak terdapat di pelabuhan. Bahkan potongan rambut pendek dipilih sebagai simbol perlawanan terhadap kaum hippie yang diangap mewah dan sangat berkembang pada saat itu.Kaum hippie sendiri adalah komunitas pengendara motor besar dengan ciri-ciri berambut gondrong, berjenggot dan gemar mengonsumsi narkotika. Walaupun tidak dipungkiri bahwa Kaum Mods dan Skinhead juga beberapa dari mereka mengkonsumsi narkotika seperti Valium atau dikenal dengan Purple Hearts dan Mariyuana
Selain gaya rambut yang botak, kaum Skinhead juga dapat dikenali dengan topi sombrero-nya dan mengenakan kemeja atau kaos kerah, biasanya bermerek Ben Sherman atau Fred Perry. Atasan tersebut biasa dipadukan dengan sweater berleher huruf V (V-neck sweater) atau jaket pilot berbahan kulit. Celana yang digunakan adalah celana jeans agak ketat dengan suspender dan mengenakan sepatu boot bertali khas pekerja merk Doc. Martens dengan lubang tali mulai dari 12 sampai 20 lubang.
Dandanan kaum Skinhead perempuan atau yang biasa disebut Skingirls tentu berbeda, dan yang jelas tidak berrambut pendek atau botak. Rambut para Skingirls hampir mirip bulu ayam, acak-acakan dan dicat berwarna-warni. Make up mereka lumayan tebal dengan aksen eyeshadow hitam dan paduan jaket pilot, rok atau tetap celana jeans dengan sepatu boot. Tunggangan khas kaum Skinhead adalah skuter merk Vespa atau Lambretta, yang sekali lagi juga simbol perlawanan kepada kaum hippie.Namun  jika melihat dari sejarahnya bahwa kaum Hippie di Inggris khususnya berasal dari kalangan Mods juga yang berpindah haluan dan identitasnya mengikuti ideologi dari Hippies dan kontra budaya yang lahir di Amerika dekade 1960an.
Musik dan Sepakbola
Kultus Skinhead sebenarnya memiliki keragaman selera dalam masalah musik, mulai dari aliran musik skareggaerocksteadypunkrock, hingga hardcore. Namun sepertinya yang paling identik dengan kaum Skinhead adalah aliran musik yang mereka sebut musik Oi! Musik Oi! hampir mirip dengan musik punk yang bertempo cepat dan disemat distorsi-distorsi kasar gitar listrik, namun masih ada hentakan-hentakan musik ska dan reggae. Lirik dari musik Oi! kebanyakan menggambarkan tentang gerakan anti-rasis, anti-fasis, kehidupan di jalanan, protes kepada pemerintah, sepak bola, bir, dan lain-lain. Lagu-lagu Oi! diputar dan dibawakan pada setiap gig(sebutan untuk konser musik) di pub-pub di kota-kota Inggris. Musik Oi! bukan satu-satunya yang digemari. Kaum Skinhead terutama di wilayah Amerika lebih menyukai musik hardcore. Di Indonesia sendiri musik yang lebih diterima oleh anak muda Skinhead adalah musik ska dan biasanya merupakan basis dari pendukung band musik Bulldog Brigade (Bandung), Rentenir, Under18, Don Lego, Skamigo,Innocenti Jakarta, The Authentic Jakarta, sampe Shaggy Dog Jogjakarta.
Kultus Skinhead di Inggris tidak hanya lahir di lingkungan intern pabrik atau pelabuhan, namun meluas ke wilayah fanatisme sepakbola. Seperti yang kita ketahui bahwa liga sepakbola di Inggris adalah salah satu yang terbesar di antara liga-liga lain di dunia. Suporternya, baik untuk klub maupun tim nasional juga salah satu yang paling fanatik di dunia, yang disebut hooliganHooliganterkenal dengan loyalitasnya kepada klub dan kasus kerusuhan yang dibuatnya di setiap pertandingan.
Kaum Skinhead di Inggris bisa dibilang adalah penggerak gelombang fanatisme suporter di Inggris. Tak ada Skinhead yang tidak suka sepakbola. Setiap Skinhead memiliki klub sepakbola yang didukungnya dan selalu datang ke stadion di setiap pertandingan, apalagi pada pertandingan derby (pertandingan antara 2 klub sekota). Setiap ada pertandingan derby, kaum Skinhead selalu menjadi perhatian polisi anti huru-hara yang mengamankan pertandingan.
Bagi mereka, menonton bola adalah sebuah acara sakral seperti layaknya orang yang melakukan ibadah.Maka tak heran mereka memilih berdandan Casual, dengan Jaket Stone Island ber-hoody,syal dan topi Burberry, terkahir sepatuAdidas, Puma,Reebok sampai Nike. Chants atau Yel-yel mereka menginspirasi Musik Oi! Itu sendiri. Tidak ketinggalan Parka yang merupakan identitas dari kaumMods awal tahun 1960an yang digunakan untuk melindungi baju dan jas setelan mereka yang mahal dari kotoran dan hujan yang sering turun di inggris. Statement fashion yang segala sesuatunya beralasan tidak hanya asal pakai.
Anti-Rasis dan Anti-Fasis
Banyak yang beranggapan bahwa kaum Skinhead itu rasis, terutama orang yang tak mengerti asal-usul kaum Skinhead. Kenyataanya, Skinhead justru dilahirkan atas semangat unity and togetherness (persatuan dankebersamaan) yang tak memandang ras, bangsa bahkan kepercayaan kaumnya. Fakta lain di lapangan menunjukkan bahwa banyak pula skinhead yang berkulit hitam dan berkulit berwarna.
Kaum Skinhead juga diperalat untuk menyebarkan paham fasis dan dari situlah muncul anggapan di berbagai negara bahwa kaum Skinhead sebenarnya gerakan neo-nazi yang mencoba membangkitkan kembali kejayaan fasisme. Organisasi-organisasi Skinhead rasis antara lain Neo-Nazi, National Front, BNP (British National Party), COMBAT 18, Blood & Honor, dan lain-lain. Bahkan di Inggris, BNP sampai mendirikan sebuah label rekaman yaitu Great White Record untuk mefasilitasi kaum Skinhead rasis Inggris dan juga sebagai media propaganda mereka. Mereka juga sering mengadakan acara bersama setiap tahun dan selalu mengedepankan pemuda-pemuda Inggris sebagai visi dan misi mereka. BNP pun akhirnya memiliki kursi di parlemen Inggris pada tahun 2009 lalu, meskipun terhitung tidak terlalu banyak. Belakangan muncul English Defence League disingkat EDL, yang mencetuskan gerakan Islamophobia atau ketakutan dan kebencian terhadap agama Islam.
Untuk menunjukkan bahwa kaum Skinhead tidak rasis dan buka gerakan neo-nazi, mereka kemudian mendirikan organisasi-organisasi anti-rasis dan anti-fasis seperti ANTIFA (Anti Fasist Action), SHARP (Skinhead Against Racial Prejudice) yang didirikan pada tahun 1988 oleh Marcus Pacheco dan teman-temannya. Organisasi itu menunjukkan pula kemuakan kaum Skinheadterhadap rasisme dan fasisme. Karena perlu dicatat musik Ska sendiri berasal dari imigran Jamaika, yang berkulit hitam. Bahkan organisasi-organisasi anti-rasis dan anti-fasis pun menyebar luas sampai ke benua Asia, bahkan sampai ke Indonesia. Walaupun tidak begitu terekspos. Perkembangan Skinhead pun disesuaikan dengan budaya masing-masing negara tersebut.
Sebenarnya, kaum Skinhead tidak terlibat dengan partai atau gerakan politik manapun di parlemen Inggris. Namun, pada tahun 1970-an komunitas Skinhead dimanfatkan untuk tujuan politik tertentu oleh National Front. Pada saat itu, Inggris menerima kedatangan buruh imigran asal Asia seperti India dan Pakistan yang mau bekerja sekalipun dengan upah sangat rendah. Hal itu menimbulkan semacam ancaman bagi orang Inggris asli yang takut kehilangan lapangan pekerjaan. National Front pun memanfaatkan kaum Skinhead untuk mengangkat isu lapangan pekerjaan tersebut, apalagi dengan karakter kaum Skinhead yang dikenal keras. 
Penutup
Kaum Skinhead menggambarkan perlawanan terhadap kelas sosial yang berkembang ditengah kebudayaan monarki, bahwa semua manusia itu sama, tak memandang perbedaan fisik. Kaum Skinhead mengajarkan pada kita bahwa bahkan di masyarakat pekerja kasar pun masih ada keadilan yang harus diperjuangkan. Walaupun beberapa dari Skinhead memunculkan paham atau Ideologi baru,sepertiBonehead yang rasis-fasis, Suedehead yang lebih berambut kepalanya tidak plontos dan menitikberatkan ke fashion dari traditional Skinhead itu sendiri.
Mereka tidak sekedar menjadi penonton sejarah, namun juga sebagai penggerak roda zaman dan menjadi sejarah yang berpegang teguh pada prinsip dan setia memperjuangkan hak mereka sebagai manusia sutuhnya serta eksistensi mereka, meski kerap ditunggangi kepentingan praktis penguasa dengan afiliasi- afiliasi politik. Skinhead akan terus hidup di tengah kompleksitas dan dinamika zaman dengan gaya mereka, musik dan fanatisme ala Skinhead Pejuang kaum pekerja. Oi! Oi!

BERSATUNYA BERBAGAI MACAM SUB ''REBELLION' CULTURE


Beberapa subculture yg kita tau seperti SKINHEAD, STREETPUNK, HIPHOP, GANGSTA, RASTAFARI DLL

apakah ada beberapa dari kalian yg masih bergumam seperti ini?

REGGAE ANTI PUNK?
PUNK ANTI METAL?
METAL ANTI HIPHOP?
& FUCKING STUPID OPINION IN YOUR BRAIN!!!
YOU KNOW WHAT DICK!!!!!!!????

Bersatunya berbagai macam subculture tidak lepas dari kesadaran manusia nya dan yg paling berpengaruh adalah dari musiknya

Mengenai musik, skinhead adalah perkembangan dari MODS yg cirinya menggunakan sepatu boots docmart serta rambut plontos,bretel/suspender dan berasal dari kaum pekerja yg terjun ke jalanan, skinhead awalnya adalah penikmat musik 2tone asal jamaika atau afrika seperti ska, reggae, bahkan jazz,RnB, namun seiring perkembangannya skinhead berbaur dengan PUNKERS, akhirnya skinhead pun mulai menyukai musik yg keras seperti rocknroll ala punkers(punkrock)gae

Punkrock pun terbagi beberapa sub genre seperti ;

Oi! di bawakan Cock Sparrer
Ska Punk/Reggae yg terkenal itu band NOFX
Chicano PUNK yg di bawakan oleh SOCIAL DISTORTION
Pop Punk ala Blink 182

STREETPUNK awalnya bermusuhan dengan skinhead, namun bersatu setelah sadar bahwa mempunyai visi misi yg sama

MUSIK PUNKROCK pun berkembang seiring berjalannya waktu, seperti menjadi musik Hardcore, Dbeat,Crust PUNK, Lalu merambah ke METAL

MUSIK HARDCORE ala skinhead seperti WARZONE, serta rastafari yg bermain musik hardcore adalah BAD BRAINS
Lalu ke

MARTIN LUTHER KING JR.

Martin Luther King, Jr; Pejuang Hak Sipil
Martin Luther King, Jr; Pejuang Hak Sipil - AsikBelajar.Com.  Martin Luther King, Jr adalah seorang pendeta Negro dan pejuang ulung hak-hak sipil di Amerika.

Ia lahir di Atlanta, Georgia pada tahun 1929 dan menjadi pastor gereja baptis di Montgomery, Alabama pada tahun 1954.  Ketika itu undang-undang di Alabama menetapkan bahwa penduduk kulit hitam dalam bus umum harus duduk di belakang.  King menentang peraturan ini.

Pada tahun 1955 ia dan pendukungnya memboikot bus-bus di Montgomery.  Rumah King dibom, tetapi ia memenangkan perjuangannya.  Perbedaan dalam bus itu dicabut.  King lalu melanjutkan perjuangan untuk hak-hak sipil lewat protes-protes secara damai.
Martin Luther King, Jr; Pejuang Hak Sipil
Perjuangan King mencapai puncaknya pada tanggal 28 Agustus 1963.  Lebih dari 200.000 orang berdemonstrasi di Washington DC menuntut persamaan hak.  King berpidato.  Dikatakannya bahwa ia memimpikan pada suatu hari semua orang berkedudukan sama, bahwa si kulit hitam dan kulit putih tidak akan saling membenci karena perbedaan warna kulit.  Pada tanggal 4 April 1968 King tewas ditembak orang di Memphis, Tennessee.

King beberapa kali dipenjarakan.  Tahun 1964 ia memenangkan Hadiah Nobel untuk perjuangan hak-hak sipilnya yang dilancarkan tanpa kekerasan.

Biografi singkat:
Martin Luther King, Jr.
Pemimpin Agama
Pendeta Martin Luther King, Jr., Ph.D. adalah penerima Nobel, pendeta Baptis dan aktivis HAM warga Afrika-Amerika.
Lahir: 15 Januari 1929, Atlanta, Georgia, Amerika
Dibunuh: 4 April 1968, Memphis, Tennessee, Amerika
Pasangan: Coretta Scott King (m. 1953–1968)
Anak: Martin Luther King III, Dexter Scott King, Yolanda King, Bernice King
Penghargaan: Penghargaan Nobel untuk Perdamaian, lainnya

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-12 Hal. 1. 

CHE GUEVARA

che guevara
che guevara
Sosoknya dikenal banyak orang, tapi kebanyakan hanya sedikit orang yang tahu tentang perjalanan hidupnya yang mengagumkan. Ini bukan tanpa sengaja. Kehidupan Che adalah sebuah cerita tentang satu komitmen untuk memerangi semua nilai yang menjerat masyarakat konsumtif kapitalis. Sosoknya menimbulkan sebuah keberanian, menumbuhkan semangat pemberontakan pada dada rakyat di seluruh dunia. Tidak sanggup untuk menguburkan sentimen tersebut, perusahaan-perusahaan kapitalis melakukan pendekatan untuk memanfaatkan dan memodifikasinya, dan juga dengan cara tersebut mereka berusaha menjinakkannya. Tujuan itu sampai sekarang masih belum tercapai.
Masa muda Ernesto “Che” Guevara adalah sebuah petualangan dan penjelajahan. Meskipun dia dibesarkan di keluarga yang berkecukupan di Argentina dan belajar di bidang kedokteran, dia banyak menghabiskan waktunya untuk mengelilingi Amerika Latin
Ketika lulus dari Fakultas kedokteran, Che meninggalkan Argentina, berpura-pura untuk pergi bekerja pada penderita penyakit kusta di Venezuela. Dia benar-benar mencari jawaban yang mendalam atas pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu perasaannya. Dalam pengembaraanya dia melihat kesengsaraan dan kemelaratan yang menjadi pemandangan sehari-hari di Amerika Latin. Bisakah seorang dokter mengobati semua pasien ini ?
Pada tahun 1953 terjadi kekacauan politik di Guetemala. Di tahun 1950 seorang komandan militer sayap kiri, Jacobo Arbenz, terpilih sebagai presiden dan memulai untuk melakukan reformasi politik. Dia meliberalkan hukum-hukum perburuhan, menaikkan upah minimum, mengakhiri repressi terhadap aktifitas politik, dan memulai sebuah kebijakan reformasi agraria. Amerika Serikat menjadi cemas.
Tahun 1953 Arbenz mengambil-alih ratusan hektar tanah kosong yang dimiliki perusahaan Amerika United Fruit Company. Respon Amerika sangat cepat sekali. Sebuah embargo dilakukan dan n bantuan-bantuan teknis diputuskan. Bulan November 1953, semua kapal yang berlabuh di Guatemala dikejar-kejar oleh tentara Amerika.
18 Juni 1954, rombongan pasukan tempur yang diangkut pesawat tempur Amerika menyerbu melalui Honduras. Kaum revolusioner di Guetamala meminta kepada Arbenz untuk mempersenjatai rakyat sebagai alat untuk melawan agresi Amerika, namun sang Presiden Guetemala itu menolaknya. Malahan Arbenz menggunakan satuan tempur reguler Guetemala untuk menghadang invasi. Kesuksesan dalam menghadapi invasi Amerika itu tidak mengurangi ketegangan di Guetamala.
Setelah kegagalan invasi yang menggunakan serdadu bayaran itu, imperialis AS melirik kubu sayap kanan militer dan mengagitasinya untuk melakukan kup. Pada 21 Juni, pemerintahan Arbenz ambruk dan dia mengundurkan diri dari jabatannya. Kedudukannya digantikan tokoh militer sayap kanan, Kolonel Monzon.
Aktivitas-aktivitas politik yang dilakukan Che di Guatemala mendapat perhatian CIA, yang memasukkan dia dalam daftar orang-orang komunis yang berbahaya yang harus segera diringkus. Informasi ini dibocorkan pejabat kedutaan Argentina, yang menawarkan perlindungan untuk Che.
Dari kegagalan pemerintahan Arbenz di Guetemala,Che belajar dua hal penting. Dia menyadari imperialis AS adalah musuh terbesar rakyat Amerika Latin dan kaum revolusioner tidak bisa mengandalkan mesin-mesin negara atau pemerintahan kapitalis, meskipun yang progresif seperti di Guetemala.
Tragedi Guetemala meyakinkan Che akan kebutuhan solusi revolusioner untuk memecahkan masalah-masalah Amerika Latin. Dia sekarang menyebut dirinya seorang Marxis dan berargumen seharusnya Arbenz mempersenjatai rakyat untuk melawan agresi yang disponsori imperialis AS.
Che meninggalkan revolusi yang gagal itu dan pergi ke Mexico. Di sana dia ketemu revolusioner Kuba yang sedang dalam pelarian, Fidel dan Raul Castro. Mereka berbincang semalaman dan paginya dia memutuskan untuk bergabung dengan Castro dalam ekspedisi revolusioner ke Kuba. “Setelah pengalaman mengelilingi Amerika dan akhir kudeta di Guetemala, yang kesemuanya tidak begitu menarikku untuk bergabung dengan kaum revolusioner melawan tirani”, begitu Che berkata.
Tahun 1956, 82 orang militan berkumpul dalam sebuah perahu layar yang bernama Granma dan berlayar menuju Kuba. Pendaratan mereka di propinsi Oriente Selatan diharapkan disertai dengan letupan pemberontakan (up rising). Tapi ekspedisi ini terlihat sangat nekat. Delapan puluh dua orang gerilyawan yang tidak begitu terlatih dan miskin persenjataan, menjejalkan diri dalam perahu yang sebenarnya untuk memuat 12 orang, berharap untuk melawan tentara Kuba yang dibekingi Amerika. Bagaimana mereka bisa berharap menang ?
Kuba sedang bergolak, sedang dalam keadaan matang untuk sebuah revolusi. Fulgencio Batista mendapatkan kekuasaan lewat sebuah kudeta militer di tahun 1952; dia adalah anak kesayangan Paman Sam di Havana.
Perusahaan-perusahaan Amerika mendominasi perekonomian Kuba. Perusahaan AS mengkontrol 80 % barang-barang yang ada di Kuba, 90 % di pertambangan, 100 % penyulingan minyak, 40 % industri gula dan 90 % peternakan sapi. Hal ini membawa sedikit kemakmuran bagi rakyat Kuba : 50 % orang tidak mendapatkan listrik, 40 % penduduk masih buta huruf, dan 95 % anak-anak di daerah pedesaan menderita karena kemiskinan dan berbagai penyakit.
Batista melakukan yang terbaik untuk menghancurkan semua gerakan pelajar, mahasiswa, buruh dan petani. Antara tahun 1952 sampai 1959, 20.000 orang telah dibantai oleh tukang jagalnya Tuan Batista.
Granma diserang oleh tentara Batista ketika mendarat; hanya 12 orang dari anggota ekspedisi yang selamat. Che, Castro dan yang lainnya lari ke pegunungan Sierra Maestra dan mendirikan sebuah basis pertahanan. Disana mereka memulai membangun kembali tentara pemberontak dan sebuah partai politik baru, Gerakan 26 Juli.
Strategi Castro bersandar pada memenangkan dukungan dari petani sekitarnya dan membangun sebuah basis perlawanan pertama di Oriente. Ketika kaum pemberontak mulai memenangkan pertempuran-pertempuran melawan tentara Batista, para petani mulai menunjukkan dukungannya. Program Reformasi Agraria yang dirancang Tentara Pemberontak banyak meraih simpati rakyat. Tahun 1958 para petani mulai bergabung dalam barisan tentara pemberontak, dan jumlahnya makin lama- makin membengkak.
Ketika tentara pemberontak mendapatkan dukungan terbesarnya dari para petani, Gerakan 26 Juli juga mulai mendapatkan dukungan dari kelas pekerja perkotaan dan buruh-buruh tani. Gerakan ini menyusup ke kota-kota dan mulai mengorganisir kelas pekerja secara rahasia. Bulan April 1958, para pemberontak menyerukan pemogokan umum, tapi mereka belum mempunyai cukup dukungan dan organisasi yang memadai, dan akhirnya pemogokan tersebut gagal.
Dengan memanfaatkan demoralisasi yang melanda rakyat, Batista mengumpulkan 10.000 tentara di kaki gunung Sierra Maestra pada bulan Mei 1958 dalam usahanya yang terakhir untuk menghancurkan gerilyawan revolusioner. Castro memimpin 300 orang pasukan. Selama 36 hari tentara rezim Batista menekan gerilyawan pemberontakan. Tanggal 18 Agustus, bagaimanapun dahsyatnya gempuran tentara Batista akhirnya mengalami kegagalan. Para gerilyawan di pegunungan tetap tak tersentuh, dan tentara Batista sudah tidak sanggup untuk bertempur lagi.
Pemberontak revolusioner melakukan serangan balik dengan mengirimkan dua regu gerilyawan untuk merebut daerah baru. Salah satunya di pimpin oleh Che Guevara. Bulan Oktober para pemberontak berhasil mendirikan sebuah basis perlawanan di pegunungan Escambray, di daerah tengah Kuba, dibawah komando Che Guevara. Mereka juga mendirikan basis lain di pegunungan Sierra Cristal, dimana Raul Castro menerapkan reformasi agraria dan membebaskan daerah yang berpenduduk lima ratus ribu orang.
Tahun 1958 para pemberontak berkembang dari dulunya sebuah unit gerilya menjadi tentara rakyat. Bulan November pasukan Castro turun gunung dan melakukan penyerangan ke kota Santiago, kota terbesar kedua di Kuba. Di Bulan Desember pasukan Che menuju ke Santa Clara dan disambut oleh pemberontakan rakyat yang di organisir Gerakan 26 Juli.
Tanggal 1 Januari 1959, Batista merasa terancam dan melarikan diri dari Kuba dengan membawa US$ 7 juta dalam kopernya. Pejabat militernya mendeklarasikan pemerintahan baru. Castro meresponnya dengan mengadakan pemogokan umum yang kedua. Kali ini pemogokan umum ini berjalan dengan sukses, memperlihatkan dukungan penuh dari kelas pekerja kepada para gerilyawan pemberontak. Tanggal 2 Januari, Castro masuk ke Santiago dan Che ke Havana. Kuba berhasil dibebaskan.
Dalam pemerintahan revolusioner baru, Che bertugas untuk melakukan reorganisasi industri dan agrikultural. Hanya lima bulan setelah keruntuhan Rezim Batista, Che menetapkan sebuah Hukum bagi mereka yang mempunyai tanah seluas lebih dari 400 ha untuk di redistribusikan ke para petani yang tidak mempunyai tanah dan memaksa para tuan-tuan tanah untuk mengerjakan sendiri tanahnya. Dia membantu untuk menyelenggarakan sekolah gratis di Kuba dan meluncurkan kampanye sukarelawan pendidikan yang akan di gunakan untuk memberantas buta huruf yang menghasilkan tingkat melek huruf yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan Amerika.
Che menekankan pentingnya keterlibatan para pemuda dalam perjuangan revolusiner. Berbicara pada Persatuan Pemuda Komunis tahun 1962, dia berkata “Kalian, Kawan-Kawan, harus menjadi pelopor untuk seluruh gerakan, pertama sekali kalian harus sanggup untuk mengorbankan diri demi kebutuhan revolusi, apapun jadinya”
Dia menjadi pembicara berskala internasional untuk revolusi, secara aktif membantu gerakan revolusioner di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Dia beberapa kali mengunjungi Uni Soviet, tapi tanpa takut mempublikasikan kritiknya tentang pemerintahannya (Uni Sovyet, pent) yang birokratis.
Besarnya komitmen Che terhadap Internasionalisme sangat jelas didemonstrasikan tahun 1965, ketika dia secara tegas mengundurkan diri dari pemerintahan dan pergi untuk membantu gerakan revolusioner baru secara pribadi, pertama di Kongo dan kemudian di Bolivia.
Saat berada di Bolivia tahun 1967, Che ditangkap CIA yang membekingi tentara Bolivia dan membunuhnya di usia 39 tahun. Tapi saat ini namanya dan reputasinya tertanam dengan kuat, dan wajahnya muncul dalam bendera-bendera, plakat, dan muncul sebagai personifikasi revolusi di dunia.

MAHATMA GANDHI

Pasukan Inggris sebagai salah satu tentara terkuat dan disegani dunia, kala itu harus ditarik mundur dari India hanya karena kekuatan cinta seorang manusia kurus kering, berbaju sangat sederhana, dan memakan apa yang dimakan sebagian besar rakyatnya. Beliau adalah Mohandas Karamchand Gandhi, atau biasa dikenal dengan Mahatma Gandhi (Jiwa yang agung).



Sebagai seorang pengacara kenamaan, Gandhi seharusnya bisa menikmati kehidupan yang sangat nyaman di Afrika Selatan. Namun perlakuan yang dialaminya sebagai warga kelas dua disana, membuat ia selalu terbayang akan nasib bangsanya, yang masih hidup di bawah penjajahan Inggris.

Ia pun meninggalkan semua kehidupan mewahnya di Afrika Selatan dan pulang kembali ke negerinya. Ketika turun dari atas kapal, Gandhi disambut hangat oleh rakyatnya. Ia diminta untuk naik ke atas panggung untuk berpidato. Namun, pidatonya begitu singkat : "”Terima kasih atas penyambutan Anda semua,”" kata Gandhi sambil memberikan salam khas bangsa India. Dengan rendah hati ia mengaku, bertahun-tahun meninggalkan negerinya, ia merasa tak tahu akan keadaan bangsanya, jadi tidak mungkin ia bisa berbicara banyak.


Kemudian Gandhi memutuskan untuk tinggal di tengah rakyat India. Sebagai ungkapan swadeshi (kemandirian) ekonomi terhadap penjajahan Inggris, ia menenun sendiri baju yang dikenakannya. Dengan menggunakan kereta api ia pun mulai berkeliling India untuk mengetahui setiap denyut napas yang dihadapi rakyatnya.

Suatu hari Gandhi menemui orang-orang miskin yang begitu banyak. Kepada Gandhi, mereka mengeluhkan kemiskinannya. Uniknya, Gandhi tidak lalu menjanjikan memberikan makanan atau pun uang seperti yang dilakukan politisi lainnya. Yang Gandhi berikan justru sebuah pertanyaan bernada ajakan. Gandhi menanyakan apakah yang harus kita lakukan untuk bisa menjawab semua persoalan yang dihadapi ini.

Gandhi menunjukkan dirinya bukanlah seorang pemimpin yang populis. Pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu mengajak dan meyakinkan orang lain untuk berbuat yang terbaik, keluar dari kesulitan hidup, bukan memanfaatkan mereka untuk ajang unjuk kemampuan pribadi. Dengan sikapnya yang tulus, rendah hati dan merakyat, Gandhi pun mendapatkan penghormatan dan kepercayaan dari rakyat India.

Gandhi berjuang selama 30 tahun melawan penjajahan Inggris bersama pemimpin India lainnya. Dengan ajarannya, ahimsa (tanpa kekerasan) serta satyagraha (keteguhan dalam kebenaran), Gandhi melawan penindasan dan kekerasan dengan cinta, kesabaran, dan kerelaan untuk menanggung segala konsekuensinya.

Ketika kemerdekaan India akhirnya diraih pada tahun 1947, kesempatan mendapatkan tampuk kekuasaan pun ada di tangannya. Tapi ia tidak mengambil kesempatan itu. Gandhi menolak jabatan politik yang diberikan kongres kepadanya. Ia malah memilih menghabiskan hidup di ashram yang jauh dari kemegahan dan kenikmatan duniawi. Baginya itu jauh lebih mulia daripada hidup di istana. Menerima jabatan diibaratkannya sebagai memakai "mahkota berduri".

Gandhi adalah seorang Hindu, namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama lain, termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahwa manusia dari segala agama harus mempunyai hak yang sama dan hidup bersama secara damai di dalam satu negara.

Sebagai wujud keyakinannya bahwa Hindu dan Muslim India adalah bersaudara, ia melancarkan mogok makan ketika negeri itu diamuk kerusuhan sektarian Hindu-Muslim pada 13 Januari 1948. Dokter mengatakan bahwa ia harus makan, tapi Gandhi tetap bersikeras untuk puasa hingga tujuh syarat perdamaian yang diajukannya ditandatangani oleh pemimpin kelompok Islam dan Hindu.

Rupanya kedua kelompok itu masih sayang Gandhi. Lewat tengah malam pada 18 Januari, sekretarisnya membangunkan Gandhi yang telah lemas dan menunjukkan perjanjian damai yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Setelah 121 jam 30 menit berpuasa, Gandhi akhirnya mau minum jus jeruk yang disuapkan oleh seorang pemimpin muslim, Maulana Azad.

Bagi Gandhi, jiwa seseorang akan tetap selamat di dunia apabila orang tersebut berjuang demi kebenaran. Dengan kepercayaan itu, Gandhi tetap tidak menyerah meski berbagai halangan dan cobaan menghadang.

Namun ternyata puasa Gandhi hanya bisa menghentikan sementara konflik Muslim dan Hindu India. Berbagai pertikaian antara kedua kelompok ini terjadi kemudian. Banyak orang Hindu yang merasa dikhianati oleh langkah-langkah Gandhi yang mencoba menjadi juru penengah. Ia dinilai terlalu memberi hati kepada Muslim. Akhirnya pada 30 Januari 1948, seorang Hindu nasionalis pun menarik pelatuk pistolnya, dan Gandhi tewas.

Dengan kematian Gandhi, seluruh India berhenti. Konflik sektarian berhenti, pembunuhan massal berhenti. Negara yang baru terbentuk itu goncang merenungkan hakikat kebangsaan dan persaudaraan mereka. Dengan kematiannya, Gandhi berhasil mencapai apa yang ribuan orang India gagal untuk mencapainya selama ini, yaitu: Perdamaian dan Persatuan di India.

Gandhi akhirnya digelari sebagai Bapak Bangsa India. Dunia memujinya sebagai salah satu pemimpin spiritual terbesar sepanjang masa. “Generasi-generasi yang akan datang sulit percaya bahwa ada orang seperti dia yang pernah berjalan di muka bumi ini dalam rupa daging dan darah,” tulis Albert Einstein waktu itu. Prinsip-prinsip Gandhi telah menginspirasi aktivis-aktivis demokrasi dan pejuang anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela.

Gandhi tidak pernah menerima Penghargaan Perdamaian Nobel, meski dia dinominasikan lima kali antara 1937 dan 1948. Beberapa dekade kemudian, hal ini disesali oleh pihak Komite Nobel. Ketika Dalai Lama dianugerahi Penghargaan Nobel pada 1989, ketua umum Komite mengatakan bahwa ini merupakan “Sebuah bentuk mengenang Mahatma Gandhi”.

Karya Mahatma Gandhi tidak terlupakan oleh generasi berikutnya. Cucunya, Arun Gandhidan Rajmohan Gandhi, serta anak cucunya, Tushar Gandhi, adalah aktivis-aktivis sosio-politik yang terlibat langsung dalam mempromosikan non-kekerasan di seluruh dunia.

"“Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi seuntai maaf tulus. Pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh."” (Mahatma Gandhi)