Senin, 18 November 2019

MARTIN LUTHER KING JR.

Martin Luther King, Jr; Pejuang Hak Sipil
Martin Luther King, Jr; Pejuang Hak Sipil - AsikBelajar.Com.  Martin Luther King, Jr adalah seorang pendeta Negro dan pejuang ulung hak-hak sipil di Amerika.

Ia lahir di Atlanta, Georgia pada tahun 1929 dan menjadi pastor gereja baptis di Montgomery, Alabama pada tahun 1954.  Ketika itu undang-undang di Alabama menetapkan bahwa penduduk kulit hitam dalam bus umum harus duduk di belakang.  King menentang peraturan ini.

Pada tahun 1955 ia dan pendukungnya memboikot bus-bus di Montgomery.  Rumah King dibom, tetapi ia memenangkan perjuangannya.  Perbedaan dalam bus itu dicabut.  King lalu melanjutkan perjuangan untuk hak-hak sipil lewat protes-protes secara damai.
Martin Luther King, Jr; Pejuang Hak Sipil
Perjuangan King mencapai puncaknya pada tanggal 28 Agustus 1963.  Lebih dari 200.000 orang berdemonstrasi di Washington DC menuntut persamaan hak.  King berpidato.  Dikatakannya bahwa ia memimpikan pada suatu hari semua orang berkedudukan sama, bahwa si kulit hitam dan kulit putih tidak akan saling membenci karena perbedaan warna kulit.  Pada tanggal 4 April 1968 King tewas ditembak orang di Memphis, Tennessee.

King beberapa kali dipenjarakan.  Tahun 1964 ia memenangkan Hadiah Nobel untuk perjuangan hak-hak sipilnya yang dilancarkan tanpa kekerasan.

Biografi singkat:
Martin Luther King, Jr.
Pemimpin Agama
Pendeta Martin Luther King, Jr., Ph.D. adalah penerima Nobel, pendeta Baptis dan aktivis HAM warga Afrika-Amerika.
Lahir: 15 Januari 1929, Atlanta, Georgia, Amerika
Dibunuh: 4 April 1968, Memphis, Tennessee, Amerika
Pasangan: Coretta Scott King (m. 1953–1968)
Anak: Martin Luther King III, Dexter Scott King, Yolanda King, Bernice King
Penghargaan: Penghargaan Nobel untuk Perdamaian, lainnya

Sumber:
Anonim, 1983. Disney's Ensiklopediku Yang Pertama. PT. Widyadara, Jakarta. Buku-12 Hal. 1. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar